Headlines News :
Home » » Media Transmisi Pada Jaringan Komputer

Media Transmisi Pada Jaringan Komputer

Written By Unknown on Kamis, 04 Desember 2014 | 23.47

Media Transmisi
  • Transmisi data adalah proses penyampaian data antara dua titik melalui jalur media transmisi.
Media transmisi dapat dikategorikan dalam dua kelompok yaitu:
  • media terlindung (bounded) ----> kabel.
  • media tak terlindung (unbounded) ----> non kabel ---> GEM.
     Karakteristik media terlindung.
  • Tahan terhadap EMI (Electrical Magnetic Interference)
  • Bandwidth cukup tinggi.
  • Sifat atenuasi rendah
  • Harga murah
Kabel

     Dua kelompok utama :
  • penghantar elektrik (electrical conductor),
  • serat optik (fiber optic).
Kabel Koaksial.

Kabel koaksial disebut juga kabel BNC (Bayone-Neill-Concelman atau British Naval Connector).
Twisted-Pair (TP)
     Dua kabel TP :
  • STP (Shield Twisted-Pair)
  • UTP (Unshield Twisted-Pair)
          Kategori Untuk Kabel UTP
Kabel Serat Optik.
  • Kabel serat optik memanfaatkan gelombang cahaya untuk mengirim data melalui gelas tipis atau serat plastik.
  • Gelombang cahaya yang digunakan:
    1. gelombang cahaya biasa
    2. gelombang sinar laser
     Karakteristik dapat disebutkan antara lain sebagai berikut :
  • Diameter serat optik sangat kecil.
  • Isyarat pulsa cahaya tidak terpengaruh oleh EMI
  • Kabel serat optik tidak memancarkan energi elektromagnetik
  • Bandwidth sangat tinngi
     Perbandingan Jangkau Isyarat Maksimum.
     Dua jenis kabel serat optik :
  • SMF (Single-Mode Fiber)
    1. diameter 10 μ (mikro meter).
    2. jangka 5000 meter
    3. Kecepatan 1000 Mbps.
  • MMF (Multi-Mode Fiber)
    1. Diameter serat 50 mikro meter, 62.5 mikro meter dan 100 mikro meter.
    2. jangkau 2000 meter
    3. kecepatan 1000 Mbps.
     Ada beberapa tipe kabel serat optik MMF yaitu :
  • tipe 50/125,
  • tipe 62.5/125,
  • tipe 100/125.
          Maksud angka 50/125 adalah bahwa tipe 50/125 punya diameter serat optik sebesar 50 
          mikro meter dan diameter cladding sebesar 125 mikro meter.








Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Buton Website - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang Diblog Buton Website

Selamat datang di blog Dion Buton, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Dion Buton

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya dion buton saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan november 2014, dan blog ini saya buat pada bulan november 2014 juga.. heheheehe...!!!

Social Stuff

Info