Headlines News :
Home » , , » Membuat Form pada NetBeans

Membuat Form pada NetBeans

Written By Unknown on Selasa, 09 Desember 2014 | 23.27

  • Buka NetBeans Anda (disini saya menggunakan NetBeans 7.1)
  • Buat project baru dengan memilih file | new project atau tekan ctrl+shift+n. maka akan memunculkan form seperti dibawah ini.
  • Kemudian pada kolom categories pilih java dan pada kolom projects pilih java application, setelah itu klik next. maka akan muncul form seperti dibawah ini
    1. Pada Project Name beri nama : pmodul1
    2. Pada Project Location pilih lokasi tempat penyimpanan Data (silakan simpan di drive masing-masing, misalnya di folder C:\Documents and Settings\dion\My Documents\NetBeansProjects (jika belum ada, buat lebih dahulu)
    3. Klik Finish.
  • Akan terbentuk file bernama : main.java yang merupakan program utama.
  • Buat form baru dengan melakukan Klik kanan pada : project pmodul1 | new | Jframe Form…seperti gambar dibawah ini
  •   setelah langkah diatas selesai maka akan muncul form seperti dibawah ini.
    1. Pada Class Name beri nama : fHitung dan pada Package : pilih package sesuai nama project yang telah dibuat
    2. Klik Finish
  • setelah langkah diatas selesai maka akan masuk ke lingkungan kerja Netbeans dengan form sebagai berikut :
Lingkungan Kerja NetBeans 7.1
/*jika anda menggunakan NetBeans 7.1 atau versi yang tampilannya 
sama dengan gambar diatas maka rubahlah Title Form dengan Form Hitung.
caranya: klik kanan pada form design, seperti gambar dibawah ini */
Lingkungan Kerja NetBeans 5.5
/*jika anda menggunakan NetBeans 5.5 atau versi yang tampilannya 
sama dengan gambar diatas maka rubahlah Title Form (lihat di properties) 
dengan tulisan : Form Hitung. seperti gambar dibawah ini.*/
  • Kemudian Klik main.java di Tab Source, tambahkan pada bagian main statemen new fHitung().setVisible(true); yang berfungsi untuk menjadikan form fHitung akan dijalankan pada saat project di-Run. seperti ini tampilan pada bagian main.java.
  • Kemudian jalankan project dengan cara klik toolbar Run atau Tekan F6. Maka Form fHitung akan dijalankan seperti ini tampilan outputnya.
Output
Share this article :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau di run tapi hasilnya gak muncul gmna.?
padahal Codingnya sukses dan tanpa ada error.
trims :)

Anonim mengatakan...

bukutamu
https://boedyjufisal.blogspot.co.id/2017/12/program-buku-tamu-java-netbeans-beserta.html

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Buton Website - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang Diblog Buton Website

Selamat datang di blog Dion Buton, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Dion Buton

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya dion buton saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan november 2014, dan blog ini saya buat pada bulan november 2014 juga.. heheheehe...!!!

Social Stuff

Info