Headlines News :
Home » » Dasar HTML

Dasar HTML

Written By Unknown on Minggu, 30 November 2014 | 13.43

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan dengan singkat apa itu HTML..??. Oke langsung saja kita cermati deskripsi/paparan tentang HTML. !!

Apakah HTML itu?.

-  HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language.
-  HTML adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan web pages.
- HTML bukan bahasa pemrograman, tetapi berupa markup language, yaitu bahasa yang dibentuk dari kumpulan markup tags.

Pengenalan HTML.

Untuk membangun sebuah web dan mengakses halaman web tersebut diperlukan hal-hal berikut :
- Editor, untuk menuliskan kode-kode HTML (seperti notepad).
- Web Server, sebagai server untuk melayani permintaan klien (seperti Apache, IIS, Xitami).
- Web browser, untuk mengakses halaman web.

Sejarah Singkat HTML.

- Peletak dasar HTML adalah Tim Berners-Lee.
   HTML 1.0 (Hanya untuk Mosaic 1.0 dan Lynx)
   HTML 2.0 , HTML 3.2, HTML 4.0
   Muncul XML 1.0
   Muncul CSS 1.0 dan CSS 2.0
   HTML 4.01
   XHTML 1.0
   HTML 5.0
- Mulai HTML 2.0, lembaga yang membuat standar rule di web adalah W3C (World Wide Web Consortium).

HTML tags.

- HTML markup tags biasa disebut HTML tags.
- HTML tags adalah suatu kata kunci(keyword) yang terletak didalam angle brackets seperti<html>.
- HTML tags umumnya berpasangan seperti<b> dan </b>, <p> dan</p>, <strong> dan </strong>.
- Tag yang pertama( <b>, <p>, <strong> ) disebut start tag / opening tag.
- Tag yang kedua( </b>, </p>, </strong> ) disebut end tag / closing tag.
- Closing tag ditandai dengan adanya tanda slash ( / ).
- Tidak boleh ada spasi setelah tanda<.

Tag Dasar HTML

<html>…</html>
Bagian yang terdapat dalam tag <html> :
1. Kepala
    <head>…</head>
    didalamnya ada tag <title>
    <head><title>….</title></head>
2. Badan
    <body>…</body>
    Bagian body akan berisi konten yang akan ditampilkan di halaman web

Contoh dukumen html

<html>
<head><title>HTML pertama</title></head>
<body>
    Mari belajar HTML
</body>
</html>
Gambar : output
-----
HTML Element
Nested HTML Elements
HTML Attribute
Komentar Dalam HTML
TAG <br />
TAG <p>
HTML Heading dan Atributnya
Horizontal Line / Horizontal Rule
Atribut tag <hr>
Tag <center>
Penggunaan Background Warna dan Gambar
Tag <font> dan Atributnya
Tag <pre>
Tag <acronym>
Formatting
Special Character / Alternatif Character

Selengkapnya download di sini http://downloadfiles.besaba.com/

Itulah ringkasan mengenai HTML, apabila ada kesalahan atau kekurang dalam penulisan maupun isi mohon dimaklumi. trimkasih..!!!. 
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Buton Website - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger

Selamat Datang Diblog Buton Website

Selamat datang di blog Dion Buton, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Dion Buton

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya dion buton saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan november 2014, dan blog ini saya buat pada bulan november 2014 juga.. heheheehe...!!!

Social Stuff

Info